INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE

INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE  


Haloo semuaaa!!! Hari ini aku mau kasih tau sedikit nih tentang integrasi antar aplikasi office. Kalau kalian bertanya-tanya apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan integrasi, apa saja sih macam-macam nya, apa manfaat nya dan masih banyak lagi. well you came to the right place :) happy reading y'all!!


Tujuan pembelajaran : 

  • Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, angka, dan presentasi)
  • Membuat Table of Content, Embel, dan Mail Merge
  • Membuat grafik menggunakan Ms Word dan Ms Excel
  • Memakai fitur lanjut aplikasi office untuk membuat Hyperlink di Ms Powerpoint ke Ms Word

Integrasi itu apa sih? 

Sebelum membahas definisi integrasi, kita cari tahu dulu yu tujuan utama dari integrasi, tujuan utama integrasi yaitu memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat, untuk itu suatu data atau sistem yang terintegrasi tentunya diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan karena informasi yang dihasilkan akan digunakan lagi untuk keperluan yang lebih luas. Hal ini tentunya digunakan untuk membantu organisasi atau perusahaan. Aliran informasi di antara sistem sangat bermanfaat bila data dalam suatu file atau sistem diperlukan juga oleh sistem lainnya atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya. 

Apa sih definisi integrasi? 

Integrasi adalah saling ketertarikan antar subsistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju, atau diambil oleh satu atau lebih sistem lain. 

Ada 2 macam integrasi, yaitu : 
  • Integrasi Data : Proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna. 
  • Integrasi Sistem (Integrated System) : Rangkaian proses untuk menggabungkan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.
Manfaat-manfaat integrasi : 
  • Satu sumber utama : Memungkinkan seluruh data berada pada suatu sistem dan selalu diperbaharui tanpa peduli divisi atau subsistem mana yang melakukan pembaharuan. 
  • Database tertata rapi : Selain dapat menghemat waktu dan menekan biaya operasional, database yang rapi akan membuat suatu perusahaan lebih unggul dari yang lain karena perusahaan yang memiliki integrasi yang baik akan mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan lebih cepat daripada perusahaan saingannya. 
  • User interface yang lebih konsisten : Dengan menggunakan single platform yang mengintegrasikan seluruh sistem perusahaan maka kita dapat memastikan kalau setiap komputer yang terhubung dengan sistem integrasi memiliki user interface yang sama. 
Cara mengintegrasikan aplikasi :
  • Pemanggilan prosedur / function : Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain. 
  • Messaging : Aplikasi saling berhubung satu sama lain dengan bertukar pesan 
  • Sharing database : Pengirim dan penerima menggunakan database untuk pertukaran data. Pengirim mengirim datanya ke suatu tabel di database untuk dibaca oleh penerima.
  • File transfer : Mekanisme yang format file dan struktur data didalam nya sudah ditentukan, demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya. 
Integrasi pada aplikasi Ms Office 

Microsoft Office merupakan software atau perangkat lunak yang sering digunakan. Mulai dari pelajar hingga proffesional untuk membantu alam menyelesaikan tugas dan pekerjaan. 
  • Microsoft Word : Semuanya pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan di Microsoft Word. Contohnya membuat surat, tabel, gambar, dokumen, dan pengolahan data lainnya. 
  • Microsoft Excel : Aplikasi yang mengolah perhitungan angka maupun grafik. Pengguna dapat menggunakan spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi yang akurat dan mudah dioperasikan. 
  • Microsoft Powerpoint : Media presentasi dengan menggunakan slide. Pengguna dapat menggunakan fitur-fitur yang menjadikan slide presentasi lebih menarik. 
Contoh integrasi pada aplikasi Ms Office 
  • Membuat Table of Content pada aplikasi Ms word.
  • Linking dan Embed pada aplikasi Ms Office.
  • Membuat surat massal pada aplikasi Ms word dengan menggunakan database yang ada pada aplikasi Ms Excel atau Ms Access.
  • Membuat grafik pada aplikasi Ms Office. 
SOURCE : 
https://www.youtube.com/watch?v=haAODD7gbMg

Nah segini dulu ya yang bisa aku jelasin, semoga bermanfaat bagi semuanya yaaa. Oh satu lagi, kalau ada saran ataupun kritik boleh banget yaa!! thank you for reading :)

Comments

Popular posts from this blog

Integrasi Antar Aplikasi Office : Mail Merge

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL