HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

 HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL 



Haii semuaaa!! di blog kali ini aku bakal bahas hal-hal yang berkaitan dengan HKI atau Hak kekayaan intelektual nihhh, happy readinggg!! 


Pertama kita pahami dulu ya apa itu HKI, Hak kekayaan intelektual merupakan hak eksklusif yang diberikan negara kepada kreator, inventor, atau pendesain atas hasil kreasi atau temuannya yang memiliki nilai komersial, baik langsung secara otomatis maupun melalui pendaftaran pada instansi terkait, sebagai bentuk penghargaan atau pengakuan hak yang patut diberikan perlindungan hukum. 

Selanjutnya apasih yang dimaksud dengan Hak cipta (copyright) dan Hak kekayaan industry (industrial property rights)? 

Hak cipta adalah hak khusus bagi pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya, termasuk ciptaan yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, sastra dan seni. Contoh karya-karya hak cipta adalah : buku, pamflet, lagu, drama musikal, pidato, dan karya lainnya. 

Hak kekayaan industry adalah hak yang melindungi suatu perusahaan dari berbagai macam plagiarisme dan juga dapat mengatur segala sesuatu dalam lingkungan industri. Hak kekayaan industri terbagi menjadi empat kategori : Hak Paten, Hak Merek, Hak Produk Industri, dan Rahasia Dagang.

Selanjutnya adalah lesensi, lesensi merupakan pemberian izin untuk melakukan proses produksi, baik itu dalam bentuk produk barang maupun dalam bentuk jasa. Jenis-jenis lesensi adalah : 
  • Lisensi HKI (Hak Kekayaan Intelektual)\
Pemegang lisensi memberikan izin pada para pengguna (user) untuk menggunakan aplikasi buatannya. Contoh dari lisensi hak kekayaan intelektual yaitu perangkat lunak atau aplikasi komputer.
  • Lisensi Massal 
Secara umum lisensi massal ada pada lisensi perangkat lunak komputer di mana lisensi diberikan oleh pemegang lisensi pada individu untuk menggunakan perangkat lunak itu. 
  • Lisesnsi Barang dan Jasa 
Pemegang lisensi bisa memberikan izin pada individu maupun perusahaan yang tujuannya agar indivisdu atau perusahaan tersebut bisa menjual produk barang atau jasa di bawah pemegang lisensi merek dagang produk.
  • Lisensi Hasil Karya Seni atau Karakter 
Pemegang lisensi bisa mengizinkan individu maupun perusahaan untuk bisa menyalin dan menjual hak cipta yan di dalamnya terdapat materi seni dan karakter. Contohnya, sebuah perusahaan memproduksi dan memasarkan karakter disney tsum-tsu yang dalam proses produksi dan pemasarannya sudah memperoleh izin pencipta karakter.
  • Lisensi Bidang Pendidikan 
lisensi dalam bidang pendidikan adalah gelar akademis. Sebuah perguruan tinggi atau universitas sebagai pemegang lisensi bisa memberikan gelar pada individu. Untuk menggunakan gelar akademisnya setelah menempuh pendidikan dalam jangka waktu tertentu di universitas atau perguruan tinggi itu.


Comments

Popular posts from this blog

Integrasi Antar Aplikasi Office : Mail Merge

INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE