Masyarakat Digital: Cara Menumbuhkan Budaya Kerja sama yang baik dalam tim

 

Masyarakat Digital: Cara Menumbuhkan Budaya Kerja sama yang baik dalam tim




Pada era jaringan dengan mengandalkan internet, moda hidup dan bisnis berubah drastis, tidak lagi berpusat di ruang perkantoran. Masing-masing pribadi bisa berpartisipasi dalam jejaring social, terhubung dengan lainnya tanpa batas wilayah, tidak diatur oleh birokrasi dan jam kantor. Semuanya berubah, mulai dari cara berkomunikasi, belajar, belanja, bekerja, berdagang, bergaul, sampai dengan regulasi perkantoran. Apasih yang dimaksud dengan budaya kerja masyarakat digital? Budaya kerja masyarakat digital adalah melakukan hampir seluruh aktivitas menggunakan perangkat digital. Ini dia beberapa cara untuk menumbuhkan budaya kerja sama yang baik di dalem tim: 

1. Ciptakan komunikasi yang efektif dan lancar 
Tim yang baik harus memiliki komunikasi yang bagus dan efektif dengan anggotanya. Para komunikator harus mampu mendengarkan secara aktif dan mengekspresikan diri dengan jelas pada orang-orang di sekitarnya. Komunikasi yang efektif dapat menjaga hubungan yang sinkron dan kuat selama beberapa dekade. Jadi, ketika sedang menghadapi masalah, ceritakanlah pada sesama anggota dan tanyalah pendapat mereka 

2. Bangun kepercayaan dalam tim
Inilah beberapa cara untuk membangun kepercayaan antar anggota: 
  • Selalu bersikap jujur dan transparan 
  • Tidak membicarakan anggota tim yang lain 
  • Kenali setiap anggota tim 
  • Makan siang bersama 
  • Membangun quality time bersama tim 
3. Hormati anggota tim sebagai individu 
Setiap orang memiliki sosok individunya masing-masing, sebagai karyawan atau anggota dari tim, tetaplah hormati mereka sebagai persona yang beberda. Sangat penting untuk tidak menganggap salah satu anggota tim sebagai orang yang harus melakukan segala tugas, sedangkan yang lainnya tidak.

4. Bersikap terbuka untuk menmberi dan menerima feedback 
Untuk membangun kerjasama tim yang baik, pemimpin dan para anggota harus saling terbuka untuk memberi dan menerima feedback. Kritik yang membangun dan umpan balik yang ditinjau secara keseluruhan dapat membantu anggota tim berkembang. Memberi dan menerima masukan juga dapat mencegah masalah yang akan datang.

5. Manage tim meeting dengan bijak 
Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam sebuah pertemuan atau meeting, yaitu: 
  • Brainstorm 
  • Merencanakan proyek 
  • Merefleksikan ide 
  • Berbagi ide 
  • Membicarakan masalah dan menemukan solusi bersama 
Demikianlah pembahasan tentang cara menumbuhkan budaya kerja sama yang baik di dalam tim, di era digital ini dimana kita semua sudah menggunakan alat-alat elektronik untuk menyelesaikan pekerjaan kita, kita harus tetap saling menghormati dan menghargai antara satu sama lain agar tercipta lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Dengan mengikuti cara-cara yang sudah dijelaskan diatas, memanfaatkan teknologi yang tersedia, dan melakukan nilai-nilai positif lainnya, kita dapat membangun tim yang baik dan bisa bekerja sama satu sama lain. 



Comments

Popular posts from this blog

TIPE DATA DALAM PEMROGRAMAN

Model Data

Integrasi Antar Aplikasi Office : Mail Merge